Lupa password dan PIN untuk Windows 10? Jangan kuatir!

Hi, ini artikel “Papa C” yang pertama, semoga bisa menambah wawasan Papa-Papa yang lainnya. Kali ini Papa mau cerita sedikit latar belakang artikel ini. Papa punya laptop Lenovo Thinkpad T460s yang Papa pakai untuk kerja. Biasanya Papa selalu login menggunakan fingerprint untuk masuk ke Windows 10. Suatu hari, Papa ga sengaja meninggalkan halaman login terbuka dan dalam jangkauan putri Papa (namanya Chesney, kalau belum kenal). Chesney yang hanya berumur 2.5 tahun ini menyentuh fingerprint reader berkali-kali. Tentu saja, sistem akan menolak autentikasi karena hanya sidik jari Papa yang dapat digunakan untuk mengakses laptop. Akibatnya, setelah banyak autentikasi gagal menggunakan sidik jari, sistem memaksa untuk menggunakan password atau PIN. Karena Papa sudah terbiasa menggunakan sidik jari (dan Papa pelupa), jadinya tragedi deh. Ga bisa akses laptop, ga bisa kerja.

Segera Papa cari tahu di Google dan komunitas Papa lainnya, bagaimana cara mengatasi situasi ini. Berikut Papa coba kompilasi apa saja yang dibutuhkan dan dilakukan agar Papa bisa akses laptop lagi. Idenya secara garis besar adalah sebagai berikut:

  1. Login Windows dari sumber lain (DVD, Flashdisk, dll)
  2. Pada saat berhasil login dari sumber lain, ada file yang harus diganti namanya agar di reboot berikutnya, kita bisa akses command prompt sebelum perlu memasukkan password atau PIN
  3. Setelah mendapat akses command prompt, maka kita dapat langsung membuat password yang baru, tanpa perlu tahu password yang lama

Untuk langkah #1 diatas, Papa harus menyediakan:

  • 1 buah flashdisk kosong (berukuran min. 8 GB)
  • Windows 10 installer dalam bentuk .iso (bisa diunduh dari halaman jejaring resmi Microsoft)
  • Aplikasi Rufus (bisa diunduh dari halaman jejaring resmi Rufus)
  • Komputer lainnya (yang tidak terkunci) dengan sistem operasi Windows

Adapun yang harus dilakukan adalah menjalankan aplikasi Rufus di komputer lainnya (yang tidak terkunci) dengan memperhatikan hal berikut:

  • Setelah menjalankan aplikasi Rufus, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih flashdisk drive dari pilihan yang tersedia (dengan catatan, flashdisk sudah terpasang di komputer)
  • Dilanjutkan dengan memilih .iso yang sudah diunduh tadi
  • Dilanjutkan dengan memilih Partition Scheme and Target System Type (pilih GPT Partition Scheme for UEFI)
  • Sebelum melanjutkan dengan menekan tombol Start, pastikan bahwa File System yang terpilih adalah FAT32 (Default)
  • Tekan tombol Start dan tunggu proses sampai selesai

rufus_en

Jika sudah selesai, artinya kita akan lanjut ke langkah #2. Pastikan bahwa pengaturan BIOS di komputer yang terkunci akan membaca flashdisk lebih dulu daripada harddisk. Jika sudah, pasang flashdisk di komputer yang terkunci, lalu restart komputer. Komputer akan masuk ke halaman install Windows. Begitu di halaman pertama, tekan Shift+F10 untuk memunculkan command prompt, lalu ketik perintah berikut ini:

  • C:
  • Cd Windows\System32
  • Move Utilman.exe Utiltemp.exe
  • Copy cmd.exe Utilman.exe
  • Wpeutil reboot

Komputer akan restart. Artinya kita menuju ke langkah #3. Segera cabut flashdisk agar komputer membaca dari harddisk dan menampilkan layar login seperti biasa. Di layar login, tekan tombol yang gambarnya kursi roda.

Windows-10-Login-Ease-of-Access-Shortcut

Command Prompt akan muncul, maka ketik perintah berikut ini:

  • net user “username” passwordbaru

Dimana username adalah nama yang tertera di halaman login. Passwordbaru adalah password baru yang anda inginkan. Lalu restart komputer. Voila! Akhirnya Papa bisa login dengan password yang baru.

Semoga bermanfaat, jika ada kesulitan, tulis di comment, semoga Papa bisa membantu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: