Roya BPN JakBar

Ketika KPR selesai (saat yg dinanti2kan) ada satu hal yg masih jadi tugas kita sebagai debitur, yaitu penghapusan hak tanggungan bank atas sertifikat rumah (ROYA). Pembaca bisa memilih menggunakan jasa notaris yg berkisar 1-2jt, atau mengurus sendiri ke BPN biaya saat papa menulis ini adalah 50rb rupiah saja.

Berikut papa akan berbagi sedikit tata cara nya (per agustus 2017), siapkan dokumen yg diperlukan :

  1. Asli Sertifikat Hak Milik/ HGB
  2. Asli Sertifikat Hak Tanggungan
  3. Asli Surat pengantar Roya dari kreditur (BANK, bermaterai)
  4. Copy Surat Keterangan Lunas dari kreditur (Bank)
  5. Copy Legalisir KK dan KTP (ingat, perlu legalisir terlebih dahulu di kelurahan)
  6. Surat kuasa bermaterai jika dikuasakan pengurusannya.
  7. Kartu Debit Bank BCA, BRI (utk pembayaran).

Setelah dokumen sudah disiapkan semua, langsung menuju BPN Jakarta Barat, lokasi di dalam perumahan Permata Buana (wilayah Puri). Kantor BPN mulai buka jam 8.00 pagi. Langsung saja mengambil nomor antrian untuk Roya. Sembari menunggu antrian, ambil formulir di ruang formulir untuk keperluan Roya. Setelah form diisi semua, dan mendapat giliran pelayanan di loket 2F. Minta map putih untuk roya, dan menyerahkan semua dokumen yg telah disiapkan.

Setelah dokumen diverifikasi dan lengkap, kita ada mendapatkan SPS (Tanda terima dokumen). Dengan membawa SPS tersebut kita menuju Loket 3 untuk melakukan pembayaran (loket tidak melayani pembayaran TUNAI) jadi kita harus menggunakan kartu, tersedia kartu kredit dan debit bank BCA, BRI, Mandiri.

Langkah terakhir setelah melakukan pembayaran sebesar Rp 50.000, kita akan diberikan Tanda Terima dan bukti setor (bukti bayar). Dokumen ini harap disimpan dengan baik untuk digunakan dalam pengambilan Sertifikat kita selanjutnya pada 7 hari kerja ke depan.

Demikian pengalaman papa dalam mengurus roya, biaya yg diperlukan Rp. 50.000 lama pengurusan surat sekitar 30 menit – 1 jam. Semoga bermanfaat..

p.s: Jika anda membaca berita bahwa utk roya BPN melakukan layanan pada hari sabtu dan minggu (BPN Sabtu Minggu) terutama di BPN Jakarta Barat utk BPN Jakarta Barat papa bisa konfirm hal tsb tidak sesuai di lapangan. Tidak ada layanan di hari sabtu minggu dgn alasan sepi pengunjung jadi tidak efektif (malas _red)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: